Laman

Resep Masakan

Saturday, March 23, 2013

Cara Mengatasi Bootloop Pada SE Live With Walkman (wt19i)

Bagi anda pengguna smartphone mungkin anda pernah mendengar atau membaca tentang istilah bootloop. Sebagian dari anda pasti sudah tau apa arti dari bootloop tersebut. Namun bagi pengguna newbie seperti saya, mungkin masih bingung tentang istilah bootloop tersebut. Bootloop adalah keadaan dimana saat kita menyalakan device dan proses boot atau start up berlangsung, device tersebut tidak bisa atau tidak mampu atau gagal menampilkan Home Screen, dan terjadi booting berulang ulang, biasanya device hanya mampu menampilkan logo dari merk smartphone / device yang anda gunakan. Tentu sangat merisaukan jika kasus tersebut terjadi pada device anda, Untuk posting ini, saya akan membahas cara memperbaiki atau mengatasi bootloop pada Sony Ericsson Live With Walkman (wt19i)  yang kebetulan adalah device yang saya gunakan saat ini.

Biasanya bootloop terjadi karena ada kesalahan pada system baik di sengaja ataupun tidak sehingga system tidak mampu berjalan dengan baik.  Pada kasus saya, dulu saya pernah coba menginstal Custom ROM  yang berjalan di Android v2.3, padahal saya baru saja upgrade device saya ke Android v4.0, dan alhasil device saya bootloop. Hal tersebut terjadi karena faktor kurang teliti dan ditambah lagi karena saya lupa bahwa device saya baru upgrade,  Untuk mengatasinya, saya berinisiatif untuk flash ulang device saya.

Nah bagi yang belum tau langkah flashing, berikut saya share langkah langkahnya. Siapkan dulu alat dan bahannya :

1.Pastikan laptop atau PC anda sudah terinstal Sony PC Companion agar device dikenali oleh PC. 
2.Flashtool

Langkah langkah :

1.Instal PC Companion
2.Jalankan Flashtool-Drivers (Pada Folder Flashtool -> drivers), klik next -> centang Flashmode drivers dan Fastboot Mode, kalau mau instal yg lain centang juga yg lainnya, next sampai finish
3.Jalankan Flashtool (Biasanya Icon Petir di folder Flashtool)
4.Copy firmware v58 (file berupa .ftf) ke folder Firmwares (Pada Flashtool)
5.(Pada flashtool) Klik flash (Icon petir di sebelah kiri atas) -> pilih firmware yg akan di flash -> klik ok
6.Pastikan device anda sudah dalam keadaan mati. Jika device masih melakukan booting berulang ulang, cabut baterai, kemudian pasang kembali.
7.Tunggu hingga flashtool meminta anda menghubungkan device ke PC dengan USB, jika sudah, hubungkan device ke PC, tahan tombol volume down saat anda menghubungkan device dengan USB (bersamaan)
8.Tunggu hingga proses selesai, cabut device dan nyalakan device
9.Selesai :D



Lihat juga yang lainnya

Tips Blackberry Mengatasi BBM Lemot 
Tips Blackberry Agar Tidak Lelet 
Tips Aman BLackberry Aman Dari Sijahil 
Blackberry Bold 9790 Onyx 3 
JAM TRENDI CIREBON 

No comments:

Post a Comment