Laman

Resep Masakan

Saturday, April 27, 2013

Resep Masakan Ayam Goreng Cirebon Spesial

Tips- Cara Membuat Masakan Ayam Goreng Cirebon Spesial, Disaat kerumah orang tua aku dikasih ayam satu, aku pikir mau ku apakan ya? O iya aku kepikiran dirumah aku punya buku masakan, ya tidak komplit sih tapi disitu kelihatannya ada resep ayam goreng cirebon yang sangat lezat. Sesampai dirumah aku buka dan ku baca lalu ku praktekkan, ehh…lupa beli bumbu dulu. O iya, kemudian aku berangkat kewarung terdekat dan aku beli bumbu-bumbu serta bahan pelengkap lainnya. Sesampai dirumah ayam tersebut di sembelih suamiku. Kemudian ku bersihkan semua baru mulai masak. Setelah matang aku hidangkan ayam goreng cirebon ketika masih hangat dengan nasi putih hangat, sambal, lalapan dan minumnya teh hangat. Wah cocok banget pas waktu itu hujan tidak reda-reda, hidangannya serba hangat…..mantap.

Bahan :
- 1 ekor ayam negri, potong 8 bagian -
- 150 gram lengkuas, parut -
- 2 lembar daun salam -
- 2 batang serai, ambil putihnya, memarkan -
- 1 sdm air asam jawa (dari 1 sdm asam jawa dan 3 sdm air) -
- 300 ml santan encer dari 1/4 butir kelapa -
- Minyak untuk menggoreng -

Bumbu halus :
- 10 butir bawang merah -
- 4 siung bawang putih -
- 5 butir kemir -
- 3 cm kunyit bakar -
- 2 cm jahe -
- 1 sdm ketumbar -
- 1 sdm garam -
- 1 sdt gula merah sisir -

Cara membuat :
1. Campur ayam, bumbu halus, lengkuas, daun salam, serai dan air asam jawa. Aduk rata. Tuang santan encer. Masak sampai merah dan kuah mengering.
2. Goreng ayam dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang sampai matang.
3. Goreng juda sisa bumbu rebusan dampai matang.
4. Sajikan ayam dengan taburan bumbunya.

Tips :
Goreng sisa bumbu secara terpisah agar bumbu tidak hangus.

Untuk 8 poton
SELAMAT MENCOBA!!!


Artikel Lainnya

Trik Jamper Nokia Asha 303
Tips Dan Trik Mempercepat Loading Blackberry
Cara Mengatasi Bootloop Pada SE Live With Walkman (wt19i)
Tips dan Trik Mengatasi Blackberry Nge-Blank
Tips Dan Trik Blackberry

No comments:

Post a Comment